Beranda | Artikel
Hukum seputar Ziarah Kubur (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Sabtu, 10 Mei 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Rekaman video: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. – Hukum seputar Ziarah Kubur

Ringkasan Tausiyah: Hukum Seputar Ziarah Kubur

Ziarah kubur merupakan suatu amalan yang tidak asing lagi bagi kita. Sebagian ulama bahkan ada yang menganggap amalan ini sunnah, terutama bagi laki-laki. Tentu saja dengan melihat kondisi dan niat dari si peziarah kubur tersebut. Dalil yang menunjukan akan dibolehkannya ziarah kubur pun banyak, di antaranya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا

“Saya pernah melarang kalian berziarah kubur. Maka berziarahlah (sekarang).” (HR Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَمَنْ أَرَادَ أَنْ يَزُوْرَ قَبْرًا فَلْيَزُرْهُ

“Saya pernah melarang kalian berziarah kubur. Maka barangsiapa yang ingin berziarahlah kubur, maka ziarahilah kubur tersebut.” (HR An-Nasai dan Ahmad)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اسْتَأْذَنْتُ رَبِّي فِي أَنْ أَسْتَغْفِرَ لَهَا فَلَمْ يُؤْذَنْ لِي وَاسْتَأْذَنْتُهُ فِي أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا فَأُذِنَ لِي فَزُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الْمَوْتَ

Hadit-hadits di atas merupakan anjuran untuk berziarah kubur bagi laki-laki. Adapun hukum ziarah kubur bagi wanita, para ulama berbeda pendapat. Bagaimana penjelasan Ustadz Ahmad Zainuddin mengenai hal ini? Silakan download dialog interaktif ini, dan simak penjelasan beliau selengkapnya beserta sesi tanya jawab yang tentunya sangat bermanfaat bagi kita semua.

Download Tausiyah: Ustadz Ahmad Zainuddin – Hukum Seputar Ziarah Kubur

Silakan download dan jangan lupa untuk men-share-nya ke Facebook, Twitter, dan Google+, agar saudara-saudara Muslimin kita dapat memperoleh manfaatnya, begitu pula kita dapat memperoleh manfaat pahalanya. Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6472-hukum-seputar-ziarah-kubur-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/